Sabtu, 27 Juni 2015

Mengenal Rahasia Buah Kurma


Buah kurma, buah yang umumnya dikenal dari negeri Arab ini kini juga telah banyak digandrungi di nusantara dan negara-negara lainnya. Dunia medis membuktikan bahwa kurma memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi tubuh. Khususnya di bulan Ramadhan ini, kurma biasanya diburu masyarakat untuk disajikan pada saat berbuka atau sahur. Tahukah anda bahwa kurma disebut-sebut sebagai makanan terbaik untuk yang berpuasa. Inilah istimewanya kurma:

Kurma makanan terbaik untuk yang berpuasa

kurma
Kurma mengandung unsur-unsur penting berupa vitamin mineral dan gula yang mudah diserap, dan membantu untuk mengurangi kelaparan dan memberi rasa kenyang dengan cepat, karena itulah Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
إِذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ فَإِنَّهُ بَرَكَةٌ
“Jika salah seorang diantara kalian berbuka puasa maka makanlah buah kurma karena ia mengandung keberkahan”. (HR. Abu Daud)..
Dan Inilah yang banyak direkomendasikan oleh para ilmuwan Nutrisi Hari ini. Subhanallah!

Kurma berfungsi untuk pengobatan kelebihan berat badan

kurma1
Berdasarkan pengalaman dan penelitian, menegaskan bahwa fokus mengkonsumsi beberapa biji buah kurma rutin setiap hari dapat membantu tubuh dan otak dalam mengatur sekresi hormon lalu masuk akal manusia sehingga mengirimkan sinyal merasa selalu kenyang sehingga mengurangi jumlah makanan yang biasa dikonsumsi, maksudnya adalah bahwa setiap biji kurma membantu mengatur dan mengurangi berat badan. Dengan demikian, beberapa peneliti mengatakan bahwa kurma adalah makanan utama untuk pengobatan obesitas! Dari sini kita mengingat sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam:

لاَ يَجُوْعُ أَهْلُ بَيْتٍ عِنْدَهُمْ التَّمْرُ
“Tidak akan kelaparan rumah tangga seseorang yang memiliki kurma di dalamnya”. ( H.R Muslim).

Penyakit yang dapat disembuhkan oleh kurma (insya Allah)

Para peneliti saat ini menegaskan bahwa kurma adalah makanan yang sempurna untuk pengobatan lebih dari seratus penyakit, termasuk mengobati gangguan usus dan membantu usus untuk memfungsikan tugasnya secara efektif, begitu pula kurma mengandung komponen penting seperti mineral, garam dan vitamin dan mampu memberikan pengaruh terhadap fungsi otak dan tubuh yang hilang melalui unsur-unsur Makanan, dan yang demikian mampu menyebabkan stabilitas psikologis pada manusia. Ini berarti bahwa mengkonsumsi kurma setiap hari dan teratur akan mempengaruhi kondisi mental yang akan membuatnya lebih stabil, dan Subhanallah (Maha suci Allah) yang telah memberikan kepada kita makanan ini dan telah disebutkan dalam firmanNya:

وَجَعَلْنَا فِيهَا جَنَّاتٍ مِنْ نَخِيلٍ وَأَعْنَابٍ وَفَجَّرْنَا فِيهَا مِنَ الْعُيُونِ (٣٤)لِيَأْكُلُوا مِنْ ثَمَرِهِ وَمَا عَمِلَتْهُ أَيْدِيهِمْ أَفَلا يَشْكُرُونَ (٣٥)
“Dan Kami jadikan padanya kebun-kebun kurma dan anggur dan Kami pancarkan padanya beberapa mata air, supaya mereka dapat Makan dari buahnya, dan dari apa yang diusahakan oleh tangan mereka. Maka Mengapakah mereka tidak bersyukur? (Q.S Yasin:34-35)

Air dan Kurma

kurmawater
Para peneliti dalam ilmu gizi juga menegaskan bahwa untuk puasa yang efektif harus ditopang pada air dan gula alami, dan gula yang terdapat pada kurma merupakan salah satu gula terbaik di dunia. Dalam penelitian menunjukkan bahwa manusia yang mengkonsumsi air dan kurma untuk periode dua puluh hari atau tiga puluh hari, maka tubuhnya akan terhindar dari berbagai racun yang terakumulasi dan vitalitasnya jauh lebih baik dari sebelumnya! Sebelum ada penelitian tersebut, Nabi shalallahu’alaihi wa sallam telah menegaskan kaidah ini dan berbicara tentangnya:

إِذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ فَإِنَّهُ بَرَكَةٌ ، فَإِنْ لَمْ يَجِدْ تَمْراً فَالْمَاءُ فَإِنَّهُ طَهُوْرٌ
“Jika salah seorang diantara kalian berbuka puasa maka makanlah buah kurma karena ia mengandung keberkahan dan jika tidak mendapatkan kurma maka dengan air putih karena ia adalah simbol kebersihan”. (H.R Abu Daud).

Kurma untuk Diet

kurma2
Kurma mengandung berbagai nutrisi yag dapat membuat orang merasa kenyang dan hilang rasa laparnya! Dan jika kita tahu bahwa alasan utama yang menyebebabkan soseorang mengalami obesitas adalah rasa lapar yang terus menerus dan nafsu makan yang tidak berhenti dan dengan demikian konsumsi lemak dan gula sangat banyak disaat makan.
Pengobatan yang jitu adalah dengan memakan beberapa butir kurma ketika terasa lapar sehingga akan membantu menimbulkan perasaan kenyang. Kurma-kurma tersebut akan memberikan tubuh berupa gula yang diperlukan dan mengatur gerakan usus dan selanjutnya mengurangi sebagian besar rasa lapar. Mengkonsumsi beberapa buah kurma setiap hari dapat mengurangi konsumsi makanan lainnya. Rasulullah Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam telah memberitahu kita bahwa:

لاَ يَجُوْعُ أَهْلُ بَيْتٍ عِنْدَهُمْ التَّمْرُ
“Tidak akan kelaparan rumah tangga seseorang yang memiliki kurma di dalamnya”. (H.R Muslim).
Disini dapat kita simpulkan bahwa penanggulangan obesitas dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah kurma! karena dengan mengkonsumsi buah kurma setiap hari dapat mengurangi berat badan berlebih. Hal inilah yang ditegaskan oleh para ilmuwan hari ini, seperti yang diperintahkan oleh sang Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam pembawa rahmat pada empat belas abad yang lalu!

Kurma Basah dan Saat melahirkan

kurma ruthab matang
Para ilmuwan mengatakan: Bahwa rahim selama persalinan dan melahirkan sangat membutuhkan gula alami sebagai makanan untuk otot yang relatif besar. Karena kurma memiliki materi yang lunak dan mudah, sehingga sangat penting sebelum melahirkan untuk membersihkan usus besar dan usus serta memudahkan proses melahirkan. Oleh karena itu kurma sangat mempengaruhi otot-otot rahim, mengaktifkannya dan mengatur gerakan yang memudahkan kelahiran ibu hamil. Di sinilah tampak mukjizat dalam ayat Al-Qur’an saat disampaikan kepada Maryam ketika sedang mengandung Nabi Isa ‘alaihissalam:

فَأَجَآءَهَا ٱلۡمَخَاضُ إِلَىٰ جِذۡعِ ٱلنَّخۡلَةِ قَالَتۡ يَـٰلَيۡتَنِى مِتُّ قَبۡلَ هَـٰذَا وَڪُنتُ نَسۡيً۬ا مَّنسِيًّ۬ا (٢٣) فَنَادَٮٰهَا مِن تَحۡتِہَآ أَلَّا تَحۡزَنِى قَدۡ جَعَلَ رَبُّكِ تَحۡتَكِ سَرِيًّ۬ا (٢٤)
إِلَيۡكِ بِجِذۡعِ ٱلنَّخۡلَةِ تُسَـٰقِطۡ عَلَيۡكِ رُطَبً۬ا جَنِيًّ۬ا (٢٥)
“Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia [bersandar] pada pangkal pohon kurma, ia berkata: “Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi sesuatu yang tidak berarti, lagi dilupakan”. (23) Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: “Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. (24) Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu (25). (Q.S Maryam: 23-25)
Jenis kurma paling populer di dunia, berikut di antaranya :
1. Kurma Ajwah
                     image
Di pasaran, kurma jenis ini menjadi jenis kurma dengan predikat tertinggi dari segi harga. Kurma Ajwah kebanyakan tumbuh di kota Madinah, Saudi Arabia. Kurma Ajwah memiliki bentuk yang lebih kecil dengan warna yang juga lebih hitam. Diriwayatkan hadits dari Shahabat Sa’ad bin Abi Waqqash, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau pernah bersabda :
مَنْ تَصَبَّحَ بِسَبْعِ تَمَرَاتٍ عَجْوَةً، لَمْ يَضُرَّهُ ذَلِكَ الْيَوْمَ سُمٌّ وَلاَ سِحْرٌ
“Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir” (HR. Bukhari (no. 5769) dan Muslim (no. 2047) (155)).
Juga sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
اَلْعَجْوَةُ مِنَ الْجَنَّةِ، وَهِيَ شِفَاءٌ مِنَ السُّمِّ
“Kurma Ajwah itu berasal dari Surga, ia adalah obat dari racun” (HR. Ibnu Majah (no. 3453) Ahmad (III/48) dari Sahabat Jabir bin Abdillah dan Abi Sa’id, demikian juga At-Tirmidzi dalam Sunnannya (no. 2066) dari Abu Hurairah. Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Misykatul Mashaabiih (IV/164/4163), dimuat juga oleh Syaikh Salim bin Ied Al-Hilaly dalam Shahih Ath-Thibb An-Nabawy fi Dhau’il Ma’arif Ath-Thabiyyah wal Ilmiyyah Al-Haditsah (hal. 428), cet. Maktabah Al-Furqaan, th.1424 H).
2. Kurma Deglet Noor
image
Kurma dengan warna kuning keemasan, tidak terlalu kering, dan juga tidak terlalu manis ini merupakan Jenis kurma yang sangat terkenal di Libya, Algeria, Amerika, dan Tunisia.
3. Kurma Amer Hajj
image
Biasa juga disebut dengan Amir Haji. Jenis kurma ini memiliki daging yang sangat lembut dan jug atebal. Dalam beberapa tradisi kurma jenis ini sering dikenal dengan “welcome kurma”, atau kurma yang dihidangkan untuk menyambut tamu.
4. Kurma Mozafati
image
Jenis kurma ini memiliki masa simpan yang lama, bahkan hingga 2 tahun jika disimpan di suhu -5 derajat. Kurma Mozafati merupakan jenis kurma yang berwarna gelap, bertekstur lembut, dan berukuran sedang.
5. Kurma Halawi
image
Disebut juga sebagai kurma Holwah yang berarti manis dalam bahasa Arab. Kurma Halawi ini memiliki rasa yang sangat manis jika dibanding dengan jenis kurma lainnya. Nah, jika Anda memakan buah kurma dan rasanya sangat manis, kemungkinan besar kurma itu berjenis ini.
6. Kurma Umelkhashab
image
Memiliki kombinasi rasa manis dan sedikit pahit. Jenis Kurma ini berasal dari Saudi Arabia. Selain rasa yang unik, kurma Umelkhashab berwarna sedikit kemerahan.
7. Kurma Thoory
Biasa juga disebut sebagai kurma Thuri. Di Indonesia, sering kali di temui jenis kurma thoory atau Thuri ini. Ini karena sifatnya yang dapat bertahan lama. Kurma yang populer di Algeria ini berwarna sedikit cokelat kemerahan, dan kulit yang cenderung kering keriput.
Ciri utamanya adalah daging serta buahnya yang sangat kering, bahkan sangking keringnya, kulit pada kurma ini cenderung keras dan susah dimakan. Namun, rasa dagingnya manis dan hampir mirip dengan kacang.
8. Kurma Zaghloul
image
Memiliki bentuk yang panjang dan agak lonjong. Warnanya merah gelap dan sangat manis. Istimewanya, rasa manis dari jenis kurma ini masih melekat di lidah. Kurma ini termasuk varietas kurma yang eksklusif dan harganya mahal di Mesir. Bahkan, hanya orang-orang tertentu saja yang mengonsumsinya.
9. Kurma Sekkeri
image
Kurma jenis ini berwarna cokelat gelap, dengan daging buah yang sangat lembut dan rasa manis yang khas. Daging kurma yang satu ini memilki rasa sangat istimewa tak heran bila harganya lebih mahal dibandingkan jenis kurma yang lainnya.
10. Kurma Saidy
image
Kurma jenis ini memiliki tekstur dan bentuk yang hampir sama dengan kurma sekkeri. Dengan daging buah yang sangat lembut dan rasanya yang manis menjadikan kurma Saidy merupakan kurma yang populer di negara Libya.
Bagaimana dengan kandungan gizi pada kurma?
image
● Kandungan nutrisi pada kurma
Kurma memiliki daftar panjang kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Tabel di atas menunjukkan kandungan gizi dan unsur non-gizi yang ada pada kurma.
Kurma matang mengandung gula sekitar 80%, sisanya terdiri dari protein, lemak dan produk mineral termasuk tembaga, besi, magnesium dan asam folat. Kurma kaya dengan serat dan merupakan sumber kalium yang sangat baik. Lima butir kurma (sekitar 45 gram) mengandung sekitar 115 kalori, hampir semuanya dari karbohidrat.
● Khasiat buah kurma
1. Kaum Arab Badui, yang makan kurma secara teratur, menunjukkan tingkat kejadian yang sangat rendah dari kanker dan penyakit jantung.
2. Buah kurma kaya serat yang mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat kurma juga membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar.
3. Sebagai makanan laksatif (laxative food), kurma bermanfaat melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.
4. Kurma mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin. Tanin diketahui bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik.
5. Kurma adalah sumber vitamin A, yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A juga diperlukan menjaga kulit tetap sehat. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.
6. Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah.
7. Kalium dalam kurma adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.
8. Kalsium merupakan mineral penting dalam pembentukan tulang dan gigi, dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot, penggumpalan darah dan konduksi impuls saraf.
9. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai unsur pendukung untuk enzim antioksidan superoksida dismutase.
10. Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah.
11. Magnesium sangat penting bagi pertumbuhan tulang.
12. Kurma kaya akan vitamin K dan vitamin B-kompleks, yaitu piridoksin (vitamin B-6), niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Vitamin K sangat penting dalam pembekuan darah dan metabolisme tulang.
● Kurma Menurut Ilmu Kesehatan Modern
Ilmu kedokteran modern telah banyak membahas kurma melalui kajian-kajian, penelitian –penelitian akademis dan lapangan yang terus berkembang. Kajian-kajian dan penelitian-penelitian ini membuktikan bahwa kurma memiliki banyak manfaat, diantaranya :
1. Kurma tidak mentransfer bakteri, mikroba, dan ulat yang ada di dalamnya.
2. Kurma dapat memusnahkan amuba.
3. Kurma dapat membunuh bakteri yang mungkin menyerang manusia.
4. Kurma adalah makanan dan obat paling penting bagi para astronot dan lebih sehat daripada kaviar.
5. Kurma mengandung zat yang dapat merangsang kontraksi rahim dan menguatkan otot-ototnya pada bulan-bulan terakhir kehamilan sehingga dapat membantu proses kelahiran.
6. Kurma dapat membersihkan usus besar(colon) dan menurunkan tekanan darah.
Semoga bermanfaat
Subhanallah (Maha suci Allah), sebaik-baik Pencipta!

2 komentar:

  1. Best Hotels near Harrah's Casino & Resort
    Best Hotels near Harrah's Casino & Resort 광명 출장마사지 · Borgata Hotel 수원 출장안마 Casino & Spa 경상남도 출장샵 · Harrah's Resort Atlantic City 서울특별 출장안마 · Harrah's Resort Atlantic City · Harrah's 공주 출장샵

    BalasHapus